TSMC dan Apple telah berharap bahwa yang pertama akan dapat mengirimkan chip yang diproduksi menggunakan node proses 3nm pada waktunya untuk digunakan pada seri iPhone 14 2022 . Pabrik pengecoran top dunia mulai mengirimkan chipset 5nm ke Apple tahun lalu dan baik A14 Bionic maupun M1 diproduksi menggunakan node proses ini.

Berita buruk untuk seri iPhone 14 2022 karena TSMC mengonfirmasi penundaan rilis chipset 3nm

Chipset 7nm terakhir yang digunakan untuk memberi daya pada iPhone adalah A13 Bionic yang ditemukan di dalam seri iPhone 11 . Komponen itu membawa 8,5 miliar transistor dibandingkan dengan 11,8 miliar transistor di dalam A14 Bionic dan 16 miliar yang digunakan dengan M1. Sebagai aturan umum, semakin rendah nomor node proses, semakin tinggi jumlah transistor yang dapat ditampung pada sebuah chip. Semakin besar jumlah transistor ini, semakin kuat dan hemat energi chip itu.

Awal bulan ini Digitimes mengungkapkan bahwa lini iPhone 14 2022 akan ditenagai oleh A16 Bionic yang akan diproduksi menggunakan node proses 3nm TSMC . Jika ada satu baris utama dalam laporan itu, itu adalah bahwa “TSMC berada di jalur yang tepat untuk memindahkan teknologi proses 3nm ke volume produksi pada paruh kedua tahun 2022 untuk perangkat Apple, baik iPhone atau komputer Mac.”

Namun menurut Seeking Alpha , TSMC mengkonfirmasi penundaan dalam produksi 3nm dan komentar dari pengecoran menunjukkan bahwa produksi 3nm (N3) akan kehilangan jendela untuk dimasukkan dengan lini iPhone 14. Sebagai gantinya, TSMC diharapkan untuk memproduksi A16 Bionic menggunakan node proses 4nm-nya. Ini berarti bahwa model iPhone 2022 tidak akan memberikan banyak peningkatan kinerja dan konsumsi energi seperti yang diharapkan semula.

TSMC biasanya memulai produksi chip pada bulan April dan Mei. Mempertimbangkan penundaan tiga bulan, jelas bahwa 4nm A16 Bionic mungkin cukup untuk ponsel tahun depan. Penundaan ini dapat memberi Samsung kesempatan untuk menjadi yang pertama mengirimkan chip 3nm sebagai pengganti TSMC. Itu sangat penting karena mungkin memungkinkan handset Android, seperti seri Samsung Galaxy S22, menjadi yang pertama dengan SoC 3nm di bawah kap daripada model iPhone 14.

Tahun lalu, Apple merilis smartphone pertama yang ditenagai oleh chip 5nm dengan lini iPhone 13 . Itu juga mendukung iPad Air (2020) dengan chipset yang sama. TSMC akan meningkatkan produksi chip 3nm pada paruh kedua tahun depan. Karena transistor terus berkurang ukurannya dan miliaran lagi digunakan di dalam chipset yang kuat, industri chip harus memecahkan pertanyaan mendesak tentang bagaimana ia akan terus mengecilkan ukuran transistor dan terus menurunkan ukuran node proses.

Sementara TSMC dan Samsung Foundry dianggap sebagai pemimpin proses dunia dengan peta jalan hingga 2nm, awal tahun ini IBM memproduksi chip 2nm pertama menggunakan arsitektur perangkat nanosheet Gate-All-Around (GAA) yang memungkinkan Big Blue untuk menempatkan 50 miliar transistor di dalam chip.

Apple mungkin terpaksa menggunakan chip 4nm yang kurang kuat untuk lini iPhone 14 2022

Penundaan chip 3nm adalah yang pertama bagi TSMC sejak yang berdampak pada chip 20nm untuk iPhone 6 dan iPhone 6 Plus pada tahun 2014. Proses node terbaru diperkenalkan setiap tahun. Misalnya, chip yang memberi daya pada seri iPhone 13 akan menggunakan versi yang disempurnakan dari node proses 5nm TSMC setelah rilis 5nm A14 Bionic tahun lalu. Tapi sekarang ada penundaan, tidak diketahui bagaimana penggunaan chipset 4nm akan berdampak pada rencana TSMC di masa depan.

Akankah pengecoran tetap dengan build 4nm yang disempurnakan untuk A17 Bionic atau akankah menggunakan 3nm untuk chip itu. Menariknya, Apple dilaporkan berencana untuk menggunakan node proses 4nm untuk chip M2, sekuel dari chip M1 Apple Silicon pertama yang digunakan pada Mac dan iPad Pro (2021).

Seri iPhone 14 diperkirakan tidak akan diperkenalkan hingga September 2022 sehingga masih ada cukup waktu untuk mengubah rencana TSMC menjadi lebih baik.

Terima kasih telah membaca artikel yang kami sajikan. Kami adalah salah satu penyedia berita teknologi informasi terkini. Jika Anda menyukai artikel kami, silahkan kunjungi artikel kami lainnya dengan mengklik tautan yang kami sediakan. [https://www.swakarta.com/]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *